Asesmen diagnostik non kognitif yang bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi dan sosial emosi peserta didik, gaya belajar, aktivitas peserta didik selama belajar dirumah, serta kondisi keluarga peserta didik
1. Instrumen Profil orangtua diisi oleh peserta didik
2. Instrumen gaya belajar diisi oleh peserta didik
3. Instrumen minat belajar diisi oleh peserta didik
Data yang diperoleh melalui instrumen-instrumen tersebut digunakan untuk meningkatkan layanan pendidikan kepada peserta didik
PROFIL ORANGTUA
GAYA BELAJAR
Gaya belajar adalah cara unik di mana seseorang memahami, mengolah,
dan mengingat informasi baru. Setiap individu memiliki preferensi dan
kecenderungan yang berbeda dalam memahami dan mengasimilasi pengetahuan. merujuk
pada tipe preferensi belajar seseorang yang mencakup Sentuhan (Tactile),
Pendengaran (Auditory), dan Visual. Memahami gaya belajar ini dapat membantu
individu mengoptimalkan proses pembelajaran mereka, meningkatkan efisiensi dan
retensi informasi
MINAT BELAJAR
Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat ini besar sekali pengaruhnya, dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Seseorang menaruh minat terhadap suatu obyek karena adanya rangsangan, stimulus, atau dorongan. Rangsangan atau dorongan tersebut, dapat berasal dari kekuatan minat itu sendiri, sehingga dapat disimpulkan bahwa seseorang tidak dapat dikatakan mempunyai minat terhadap suatu obyek tanpa adanya respon atau dorongan terhadap obyek tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar